Andi Baso Juli, SH., MH Sosok Sang Kritis Vokal Tanah Luwu Dengan Segudang Pengalaman Organisasi Melatarbelakngi Perjuangannga Bagi Akar Rumput


Luwu_SULSEL.MERAKnusantara.com, - Tanah Luwu sebagai salah wilayah peradaban hidup manusia di Sulsel ini dikenal dengan istilah Bumi Sawerigading merupakan salah satu Pusat Peradaban Kerajaan Yang Masuk Dalam Tambo Sejarah Adat Istiadat Kerajaan sangat tenar dimasa kejayaannya. 

Daerah melahirkan sebuah legenda dunia tentang Ilaga Ligo, bigitu pula dengan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia melawan Kolonial Penjajah, Diantaranya Opu Datu Luwu Andi Djemma, Opu Tenri Saju yang dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional asal Tanah Luwu ini. 

Demikian Pula dengan sang legendaris Abdul Kahar Muzakkar sebagai salah satu putra Luwu yang ikut memperjuangkan Kemerdekaan RI di Tanah Jawa hingga menjadi salah satu putra asal Tanah Luwu yang namanya dikenal sebagai Pengawal Proklamator Ir. Soekarno membacakan Teks Proklamasi di lapangan Ikada pada 17 Agustus 1945.

Seiring semua itu, sampai saat ini Tanah Luwu masih memiliki putra-putra berjiwa pejuang. Diantaranya, Sosok Andi Baso Juli, SH., MH yang selama ini malang melintang di dunia aktifis pemerhati keadilan hukum dan perlindungan Hak Asasi Manusia bagi warga masyarakat rakyat tanah Luwu. 

Andi Baso yang kini bergelut di dunia Advokat, Pengacar dan Pembela Hukum dari LBH PERADI, senantiasa meneriakkan suara lantang keadilan untuk perlindungan masyarakat bawah atau bakar rumput. 

Sosok aktifis berketurunan darah biru bangsawan Luwu ini, selain sebagai anggota Advokat, Andi Baso Juli, SH., MH yang dikenal vokal, juga merupakan sebagai salah seorang Tokoh Pemerhati Kepedulian  Masyarakat sekaligus pendiri dan Direktur Eksekutif salah satu LSM yang bergelut di bidang penegakan hukum yang bernama LPKP_M.

Kemampuan berlogika dalam melakukan kritikaan diberbagai perasoalan yang dialami masyarakat, memang sangat mumpuni dan tak diragukan lagi sebagai salah seorang yang bertarbelakang Wartawan sekaligus sebagai pendiri dan pemilik perusahaan Media Cetak dan Media Online Gerbon News Com. 

Karakter sikapnya yang tegas, kritis dan pantang menyerah, itulah salah satu ciri kharismatik yang dimiliki bagaikan permata mutiara yang langkah dan menjadi idola tersendiri bagi masyarakat pencari keadilan untuk mendapatkan bantuan hukumnya selama ini. 

Sosok figurnya yang ramah, komunikatif, satun dalam bertatakrama, menghormati yang lebih tua dan menghargai yuniornya, merupakan ciri khas sifat yang membanggakan bagi semua pihak yang mengenalnya. 

Tidak mengherankan memang kalau sosok figur Andi Baso Juli, SH., MH ini sangat dikenal dibergai lapisan masyarakat dan semua golongan karena jiwanya lugas, transparan dan intelektual, patut dijadikan sebagai teladan dalam bingkai persahabatan yang tak kenal dengan jiwa pemaafnya sebagai pewaris adat kebangsawanan Luwu yang mengedepankan Motto Mappatuo Na Ewai Alena. (01.SS_Nasrum Naba)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama