Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta


Jakarta- meraknusantara.com,- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas (Lalin) di sejumlah ruas jalan sehubungan akan digelarnya Kunjungan Paus Fransiskus pada 3 sampai 6 September 2024.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, Paus Fransikus direncanakan mengunjungi Istana Negara tanggal 4 September 2024 pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

Ia menyampaikan, Paus Fransiskus akan berangkat dari Nunsiatur Apostolik (Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta) yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur untuk menuju ke Istana Negara yang berada di Jalan Medan Merdeka Utara.

“Paus Fransiskus juga direncakan akan berkunjung ke Gereja Katedral pada 4 September 2024 pukul 16.00 sampai selesai. Paus Fransiskus akan berangkat dari Nunsiatur Apostolik yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur untuk menuju ke Gereja Katedral di Jalan Katedral,” ujar Syafrin, Senin (2/9).

Ia menjelaskan, Paus Fransiskus juga akan berkunjung ke Masjid Istiqlal pada 5 September 2024 pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai. Paus Fransiskus akan berangkat dari Nunsiatur Apostolik yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur untuk menuju ke Masjid Istiqlal di Jalan Katedral.

Selanjutnya, sambung Syafrin, Paus Fransiscus direncanakan akan melakukan Misa Agung di Stadiun Utama Gelora Bung Karno. Paus Fransiskus dijadwalkan berangkat dari Nunciatur Apostolik untuk menuju Ke Stadiun Utama Gelora Bung Karno di Jalan Jenderal Sudirman.

“Maka itu, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan secara situasional untuk menunjang kegiatan kunjungan Paus Fransiskus tersebut,” ucapnya.

Berikut rekayasa lalu lintas saat kunjungan Paus Fransiskus ke Gereja Katedral pada 4 September 2024 mulai pukul 16.00 WIB dan kunjungan ke Masjid Istiqlal pada 5 September 2024 mulai pukul 08.30 WIB:

a. Lalu lintas dari Selatan (Bunderan HI, Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui jalan Thamrin sisi Barat - Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat - Jalan Majapahit - Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Gunung Sahari - dan seterusnya;

b. Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan Hos Cokroaminoto - Jalan Wahid Hasyim - Jalan Mas Mansyur - dan seterusnya.

Saat berlangsungnya Misa Agung di Stadiun Utama Gelora Bung Karno pada 5 September 2024 mulai pukul 15.30 WIB sampai dengan selesai:

a. Lalu lintas dari arah Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat menggunakan Jalan Kyai Maja - Jalan Kebayoran Baru - Jalan Arteri Pondok Indah - berputar di U-Turn depan Gandaria City - Jalan Teuku Nyak Arief - Jalan Tentara Pelajar - dan seterusnya;

b. Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (BlokM) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Fahrudin - Jalan KH Mas Mansyur - Jalan Penjernihan - Jalan Pejompongan - Jalan Tentara Pelajar - Jalan Teuku Nyak Arief - Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja - Jalan Panglima Polim - dan seterusnya;

c. Lalu Lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi - Jalan Trunojoyo - Jalan Kyai Maja - Jalan Kebayoran Baru - Jalan Arteri Pondok Indah - berputar di depan U-turn Gandaria City - Jalan Teuku Nyak Arief - Jalan Tentara Pelajar - Jalan S Parman - dan seterusnya;

d. Lalu Lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S Parman-jalan Pejompongan - Jalan Penjernihan - Jalan RM Margono - Jalan Galunggung - Jalan Dr Saharjo - Jalan Prof Dr Soepomo - Jalan MT Haryono - dan seterusnya.

(red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama