Dana Desa TA. 2024 Desa Pattopakang Usulkan Infrastruktur Bendungan Air Petani Lombok, Warga Pertanyakan ?


Takalar_SULSEL.MERAKnusantara.com,-Aliran Sungai Batu Lanteang Desa Pattopakang Dapat digunakan untuk membangun Bendungan Air Untuk Kebutuhan Pertanian Warga Masyarakat pada Dua Dusun. Yakni Warga Dusun Batu Lanteang dan Warga Dusun Maccini Baji Desa Pattopakang Kec. Mangngara Bombang Kab. Takalar. 


Herman Daeng Nangga yang ditemui di kebun tanaman lomboknya, Ahad 18 Agustus 2024 mengaku sudah 4 kali mengusulkan kepada kepala Desa Pattopakang untuk diprogramkan dalam pembangunan infrastruktur Pembangunan Desa melalui Dana Desa, hingga kini Agustus 2024 tidak dilaksanakan. 

Bahkan Kepala Desa Pattopakang Sapri Daeng Jarre mengatakan, bahwa hal ini tidak bisa diprogramkan untuk dianggarkan melalui Dana Desa kecuali melalui Pemerintah Kecamatan Marbo tegasnya ditirukan salah seorang tokoh masyarakat yang peduli kepada petani lombok khususnya. 

Sementara dari sumber yang diperoleh Media Nasional Merak Nusantara Com ditingkat Pemerintah Pusat, bahwa Dana Desa Anggara Tahun 2024 tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, pelayanan masyarakat desa dan masyarakat, serta mendukung infrastruktur Desa sesuai dengan potensi dan karakteristik Desa. 

Merupakan hal yang bertentangan dengan respon pernyataan Kepala Desa Pattopakang yang terkesan bahwa Dana Desa T.A 2024, tidak bisa digunakan kendatipun permohonan untuk pembangunan bendungan air merupakan hal yang sangat dibutuhkan warga masyarakat pada Dusun Maccini Baji dan warga Dusun Batu Lanteang. 

Pada hal menurut sumber warga petani lombok, pembangunan infrastruktur bendungan air dimaksud, itu dapat memberikan pemberdayaan sosial masyarakat petani lombok sejumlah puluhan hingga ratusan orang dan sekaligus memberdayakan puluhan dan ratusan peluang lapangan kerja bagi warga masyarakat sebagai tenaga kerja pemetik buah lombok. 

Karena itu, perhatian Pemerintah Daerah atas Program Bantuan Pemerintah Pusat melalui Dana Desa perlu mendapat perhatian khusus demi kesejahteraan sosial masyarakat bagi petani lombok khususnya pada Dusun Batu Lanteang dan Dusun Maccini Baji Desa Pattopakang Kec Marbo Kab. Takalar, tegas warga. (01.SS.M Nasrum Naba)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama