BBPOM di Jakarta Gelar Kampanye World Environment Day


Jakarta- meraknusantara.com,- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Jakarta, Senin (3/7), mengadakan kampanye dan sosialisasi dengan tema “Badan POM Mendukung Produksi dan Konsumsi Berkelanjutan Obat dan Makanan untuk Indonesia Maju".

Kegiatan  yang dilaksanakan di kantor BBPOM di Jakarta itu sebagai salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day (WED) 2023,

Plt Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Rini Asri mengatakan, kegiatan dihadiri stakeholder terkait seperti Dinas Kesehatan beserta Suku Dinas Kesehatan wilayah, Dinas Lingkungan Hidup, serta perangkat daerah di Kecamatan Cipayung,  Kelurahan Cilangkap serta warga .

”Kampanye ini sebagai bentuk kepedulian BPOM akan kelestarian lingkungan hidup, yang salah satunya mengedukasi masyarakat agar membuang sampah obat termasuk antibiotik dengan benar," katanya.

Dijelaskan Rini, para peserta  diberikan edukasi mengenai upaya mereduksi limbah kemasan kosmetik dengan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle). Mereka juga diimbau agar menggunakan kosmetik ramah lingkungan.

"Ramah lingkungan, termasuk dengan menggunakan kosmetik isi ulang," imbuhnya.

Melalui kegiatan kampanye ini, Rini berharap masyarakat dapat secara bijak mengkonsumsi obat dan membuang sampah obat dengan benar. Lalu menggunakan produk kosmetik yang ramah lingkungan termasuk kosmetik isi ulang dan meminimalkan sampah makanan (food waste).

Mengenai pengurangan sampah makanan, Rini menjelaskan, pentingnya menyimpan pangan dengan naik dalam suhu yang sesuai. Sehingga tidak ada lagi bahan makanan yang terbuang lantaran mengalami kondisi buruk.

"Lalu, memasak makanan sesuai porsi, sajikan pangan secara aman, makan sesuai kebutuhan dan jaga kebersihan," tandasnya. (red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama