Sattu Keluarga di Kampung Pondok Kulon Pakuhaji Tinggal di Gubuk Reyot Beralas Tanah


Kabupaten Tangerang  , Meraknusantara.Com .   Satu Keluarga di Kampung Pondok Kulon Rt 01/01, Kelurahan Pakuhaji, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten ,  tinggal di gubuk reyot beralas tanah.

Mereka menempati bangunan rumah yang terbuat dari bilik bambu dengan kondisi sangat memperihatinkan, kumuh dan hampir roboh.

Pemilik rumah tersebut bernama Janur (45) yang berprofesi sebagai kuli serabutan. Dia tinggal dirumah itu, kini hanya tiga orang saja, selepas kepergian sang istri tercintanya Siti Samsiyah (42), yang meninggal pada hari Kamis 15 Juni 2023 tepatnya pukul 15:15 WIB sore.

Kondisi rumah yang dihuni Janur bersama keluarganya itu jauh dari kata layak, karena dengan beralaskan tanah dan terkesan kumuh. Selain itu, atapnya pun sudah lapuk dan kerap bocor saat turun hujan.

Dinding rumah yang terbuat dari bilik bambu itu juga sudah hampir seluruhnya bolong. Kamar mandi dan toilet pun tidak layak. Tak ada kata sempurna di semua sisi rumah yang ditempati keluarga Janur tersebut.

"Ya mau gimana lagi, kondisi puluhan tahun tinggal disini tuh apa adanya, jalani hidup dengan seadanya gak neko-neko bang," ucap Janur dikediamannya, Sabtu (17/6/2023) malam.

Janur mengatakan, jika turun hujan air masuk ke dalam rumah. Terlebih, apabila hujan tersebut disertai angin, rasa takut dan was-was menghantuinya bersama keluarganya.

"Jika turun hujan saya selalu berdoa kepada Allah, agar hujan turun jangan disertai angin. Saya takut rumah ini roboh, udah gitu rumah ini tuh sudah terlihat miring bersandar dirumah tetangga," kata Janur.

Tak hanya itu, Janur mengungkapkan, tidak jarang ada binatang masuk ke dalam rumah mulai tikus, ular hingga biawak.

"Saya kan samping sawah ya rumahnya, kadang ada aja gitu binatang yang masuk. Bahkan biawak yang gak tau asalnya dari mana itu sering bolak-balik, suka masuk dari mananya juga bingung," ungkapnya.

Lanjutnya, Janur juga menuturkan bahwa dirinya bersama keluarga sangat menginginkan bantuan dari pihak pemerintah Kelurahan dan Kecamatan Pakuhaji.

"Ya kalau di foto-foto sama Rt yang dulu hingga sekarang sih sering, tapi gak tau kenapa hingga saat ini masih aja belum ada perhatian dari pihak pemerintah Kelurahan dan Kecamatan Pakuhaji," tuturnya.

"Semoga pihak pemerintah Kelurahan dan Kecamatan Pakuhaji bahkan Pemkab Tangerang bisa membantu untuk bantuan program bedah rumah, agar kami sekeluarga bisa tinggal dengan nyaman tanpa adanya ketakutan saat tidur nyenyak," imbuhnya.

Red/ Iwan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama