250 Meter Kubus Masif Dipasang di Pulau Lancang


Jakarta- meraknusantara.com,- Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu tengah memasang kubus masif di sisi utara Pantai Gusung Kelancang, RT 01/01, Pulau Lancang, Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.

Koordinator Sudin SDA Kelurahan Pulau Pari, Kohar mengatakan, pemasangan kubus masif di lokasi Pantai Gusung Kelancang untuk mencegah abrasi apabila terjadi gelombang musim angin barat dan air pasang yang sangat besar.

"Pemasangan kubus masif sepanjang 250 meter ini memerlukan 6.300 unit kubus untuk menahan pantai dari abrasi," katanya, Senin (19/6).

Kohar menjelaskan, untuk menyusun kubus tersebut, pihaknya mengerahkan 19 personel yang bekerja secara manual. Pengerjaan yang sudah dimulai sejak 14 Juni 2023 lalu hingga kini telah mencapai panjang 12 meter.

"Pengerjaan ditargetkan rampung dalam 90 hari atau akhir Agustus," terangnya.

Lurah Pulau Pari, Muhammad Adriansyah mendukung pemasangan kubus masif yang berada di sekitar Pantai Gusung Kelancang. Pemasangan kubus ini diyakini dapat mengantisipasi abrasi pasir pantai.  

"Semoga kubus-kubis ini dapat menahan gelombang laut. Diharapkan pemasangan selesai sesuai target dan cuaca mendukung," tandasnya.

(red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama