NASRUL SIGA Akui Tugas Ketua RT Tidak Mudah.


Palopo_Sulsel.MoN_Meraknusantara.com,-Nasrul Siga sebagai Ketua RT. 01 / RW 03 Kel. Salekoe Kec. Wara Timur Kota Palopo, kepada wartawan Merak Nusantara yang ditemui di rumahnya pada Sabtu 13 Mei 2023 akui bahwa menjadi sebagai Ketua Rukun Tetangga (RT) itu, bukan hal mudah. 

Seperti dialaminya, sebagai Ketua RT menurutnya harus mampu mengetahui seluruh warganya. Paling tidak adalah keberadaan tempat tinggalnya berada pada posisi jalan apa atau gang/lorong posisi rumah tempat tinggal warganya. 


Tapi untuk 2 tahun terakhir ini Pemerintah Kota Palopo sudah merubah struktur menjadi sebuah organisasi RT dengan membentuk pelaksana tugas sekertaris dan bendahara yang sebelumnya hanya dilaksanakan oleh seorang Ketua RT saja. 

Otomatis beban tugas kerja Ketua RT signifikan berkurang, khususnya di bidang registrasi pencatatan data jumlah penduduk warga secara ril dan ontentik.

Sembari mengatakan bahwa RT itu adalah sebenarnya sebuah organisasi masyarakat yang bermitra dengan pemerintah, ungkapnya menirukan Kepala Kepegawaian Pemerintah Daerah Kota Palopo Farid Kasim Judas, SH., M.Si., MH. 

Disebutkan bahwa dalam wilayah Pemerintahan Kelurahan Salekoe, Kecamatan Wara Timur Kota Palopo ini terdiri dari 5 RW dan 28 RT dan masing-masing didampingi Sekretaris dan Bendahara RT serta dibantu oleh Seorang LPMK. 

Adapun dalam melaksanakan tupoksinya sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah Kota Palopo kepada seluruh lapisan warga masyarakat di wilayahnya, juga diberikan jasa insentif masing-masing sesuai kapasitasnya, yakni ;

untuk Ketua RT sebesar Rp 750.000 / bulan, Sekertaris dan Bendahara RT sebesar RT masing_masing sebesar Rp 300.000/bulan. Sementara untuk Ketua LPMK sebesar Rp 750.000 / bukannya dan dibayarkan per triwulan. 

(SS.01_MN.Naba/Irsyam/Azis/Jamal).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama