12 Lembaga Kemahasiswaan Palopo Tergabung UNRAS Tolak UU CILAKA & Copot Menteri Pendidikan.


Palopo, MoN_Meraknusantara.com,- Selasa, 2 Mei 2023 Unjuk Rasa Mahasiswa pada dua titik Aksi, yakni di Perempatan Jalan Lampu Merah Kota Palopo dan Depan Kantor DPRD Palopo. 

Berdasarakan data dan keterangan Jenderal Lapangan Aksi Unras kali ini setidaknya tergabung dalam aliansi bertema AMBRUG, terdiri dari beberapa organisasi lembaga kemahasiswaan. Yakni ;


1. Hikmalutrah

2. Hmi

3. Hms

4. Imm

5. Bem pertanian unanda

6. Hmm-dewantara

7. Germapa

8. Hipermaku

9. Hmti

10. Hmm

11. Hamlutim

12. Gmni


Adapun istimasi massa yang akan diturunkan pada rapat konsolidasi pelaksanaan Aksi Damai diperkirakan berjumlah 205 orang. 

Kendati demikian, dalam pelaksanaan Unras, jumlah massa aksi yang hadir sekitar 100 orang. Dalam orasi oleh sejumlah Korlap Lembaga Kemasiswaan, jelas terdengar suara lantang dan kritis namun secara realitas pula sebagaimana dirasakan masyarakat saat ini sangat rasional, intelektual dan muatannya sangat berbobot dan detail. 

Lanjut Jenlap ( Vajrin) dan Wakil Jenlap Aliansi AMBRUG kali ini sebagaimana telah disampaikan pada aksi demo sehari sebelumnya pada Senin 1 Mei 2023, kembali ditegaskan tuntutannya.

1. Cabut UU Cipta Lapangan Kerja (UU CILAKA), 

2. Pengesahan RUU PP RT dan mendorong UU Perampasan Aset ke Prolegnas DPR RI. 

3. Pendistribusian kekayaan yang merata dalam bentuk jaminan sosial kesejahteraan terhadap butuh. 

Dari 3 tuntutan Sentral tersebut, Aksi Unras yang sekaligus sebagai hari peringatan Lahirnya Pendidikan Nasional, maka oleh pembawa aspirasi menambahkan 1 issu lokal tentang soal pendidikan dimana tuntutannya adalah 

1. Copot Mentri Pendidikan. 

Adapun target capaiannya dalam aksi UNRAS AMRUG kali ini, menurut Jenlapnya kepada wartawan media ini, bahwa kami harus ketemu Ketua DPRD Kota Palopo Hj Nuraeni, namun karena sesuatu hal lagi berkunjung ke Luwu Timur dalam rangka memenuhi undangan Bupati Luwu Timur terkait acara memperingati Ulang Tahun Kab Luwu Timur. 

Ketidakhadiran Ketua DPRD hari, bukan menjadi penghalang dalam meraih capaian daripada tujuan aksi. 

Bahkan Aksi UNRAS kami kali ini benar - benar patut kami apresiasi atas respon yang diberikan oleh 3 Orang Unsur Pimpinan DPRD Palopo oleh Wakil Ketua I Abdul Salam, SH , Irvan, ST dan Drs Baharman Supri, MM, ucap Vajrin.

Dan pada intinya, apa yang menjadi tujuan dan capaian pelaksanaan Unras Hari ini patut kami bangga karena apa yang kami inginkan direspon positif pihak Pimpinan DPRD Kota Palopo dengan menerima dan Menyetujui semua tuntutan Aksi Demo Damai hari iniini dengan fakta integritas Surat Keputusan Pimpinan DPRD Palopo yang ditujukan kepada Presiden RI dan Ketua DPR RI. 

Ditambahkan pula ungkapan rasa empati sejumlah pimpinan para Lembaga Organisasi Kemahasiswaan kepada Kapolres Palopo AKBP SAFI'I NAFSIKIN, SH.,S.I.K.,MH yang memimpin langsung anggotanya mengawal pelaksanaan Aksi Demo ini dengan sikap Ramah dan Humanis oleh segenap anggota pengamanan dari Polri dan TNI yang memberi up pengamanan Kepolisian, benar -benar terjalin Sinergitas dalam memberikan pelayanan, pengawalan pengamanan Aksi berjalan dengan baik, aman, kondusif serta penuh rasa solidaritas dan kekeluargaan. 

(SS.MN.Naba/Jamal/Ir_Az)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama