Tumbuhkan Semangat Gotong Royong, Rw dan Rt Ajak Masyarakat Kerja Bakti

0
21

Kab.Tangerang, Meraknusantara.com,-Wujud keperdulian dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan semangat gotong royong kerja bakti yang dilaksanakan di kali Skunder kampung Jamblang Rt. 05 Rw. 01 di Desa Rawa kidang Kecamatan Sukadiri, Gotong Royong Kerja bakti adalah salah satu bentuk dari kehidupan bertetangga. Kepedulian seseorang dalam kebersamaan, silaturahmi, berbagi, berkontribusi yang berorientasi sosial, juga yang pasti adalah manfaat kebersihan lingkungan buat kita semuanya, Sabtu(10/4/2021).pagi

kegiatan yang dilakukan pada hari Sabtu pagi, dimana warga melakukan bersih-bersih sampah yang bersifat gotong royong, giat bergotong royong tersebut hasil inisiatif Rw dan Rt. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sikap gotong royong di masyarakat, meningkatkan rasa kepedulian akan kebersihan lingkungan, dan membiasakan hidup sehat dan sadar diri.

Di selah kesibukan Rw Bejo Mengatakan giat Gotong Royong ini guna membersihkan lingkungan di wilayah Desa Rawakidang, salah satunya dikali skunder untuk melancarkan perairan yang mengairi ke sawah sawah para petani.

Manfaat bergotong royong lingkungan, menjadi bersih dan tidak ada sampah yang berserakan, antusias masyarakat juga sangat baik dilihat dari banyaknya  masyarakat yang hadir dalam kegiatan bergotong royong ini, menumbuhkan rasa saling peduli dalam hal kebersihan, dan menguatkan tali silaturahmi dengan masyarakat,”pungkasnya

Lanjut Rw Bejo, diharapkan masyarakat dapat mengikuti untuk lebih sadar kebersihan lingkungan masing-masing, dan saya himbau untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membuang sampah ke kali,”Ucapnya

Sementara itu Soleh Fikri yang biasa di sapa Opik selaku Kepala Desa Rawa kidang mengatakan, saya menyambut baik gagasan dan inisiatif dari para RW dan RT yang melaksanakan gotong royong bersih bersih sampah, dan Saya sangat apresiasi, gerakan gotong-royong menumbuhkan kembali semangat warga untuk  bekerjasama dan peduli terhadap lingkungan.

“Sampai sekarang kesadaran masyarakat memang masih sangat minim untuk membuang sampah pada tempatnya. Meski begitu kita tetap berupaya dan berharap agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Lanjut Opik, kegiatan pembersihan dan pengangkutan sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat di sekitar tersebut juga sebagai upaya untuk memberikan contoh dan menggerakan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Karena dengan lingkungan yang bersih tentu akan berdampak pada kesehatan masyarakat.

“saya berharap kesadaran masyarakat bisa lebih meningkat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena itu jangan sampai ditemukan lagi ada warga yang membuang sampah sembarangan seperti di sekitar di wilayah desa Rawa kidang,”pungkasnya.

(Nrd)