Menjelang Puasa Dan Lebaran Ditreskrimsus Polda Babel Dan Disperindag Babel Gelar Rakor

0
6

BABEL, Meraknusantara.com – Subdit 1 Industri, Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Ditreskrimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel menggelar rapat koordinasi (rakor) di Kantor Disperindag Babel, Rabu pagi (31/3/2021).

Rakor ini digelar dalam rangka kesiapan dan ketersediaan stok bahan pokok (Bapok) menjelang Puasa dan Idul Fitri.

Rakor ini dihadiri langsung oleh Ketua Tim Satgas Pangan Babel yang diwakili oleh Kasubdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Babel AKBP Arif Kurniatan dan Kepala Disperindag Babel Sunardi.

Kasubdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Babel AKBP Arif Kurniatan mengatakan, rakor ini guna menyamakan visi misi kembali terkait stok pangan atau bapok untuk menghadapi hari besar keagamaan yang tak lama lagi Puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Dengan dilaksanakan rakor ini, kita harapkan stok bisa tetap tersedia. Selain itu, harganya tidak mengalami lonjakan,” ujarnya.

Kasubdit Indagsi mengimbau para pelaku usaha diharapkan mampu untuk dapat memberikan jumlah real yang ada stok Bapokting.

“Kita harapkan mereka (pelaku usaha) bisa memberikan rencana terhadap pemenuhan kebutuhan Bapokting yang ada dalam menghadapi Ramadan dan Lebaran. Mungkin juga sampai dengan Idul Adha seperti apa,” imbuhnya.

Eks Koorsespripim Kapolda Maluku Utara (Malut) ini juga menegaskan kepada para pelaku usaha agar tidak memanfaatkan momen yang ada untuk meningkatkan harga kebutuhan karena kebutuhan masyarakat tentu meningkat pada bulan Ramadan dan lebaran.

Tak hanya itu saja, dia juga mengharapkan jangan sampai dimanfaatkan pelaku usaha mengambil keuntungan yang lebih.

“Jika ada mengalami hambatan ataupun keterbatasan agar bisa dikoordinasikan misalnya dalam mendatangkan. Kalau mendatangkan misalnya ada hambatan di pelaksanaan kapal di pelabuhan atau apa, bisa dikoordinasikan dengan Satgas Pangan atau instansi terkait,” kata Arif.

Sedangkan Kadisperindag Babel Sunardi mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja mengundang para pelaku usaha guna memastikan ketersediaan pasokan Bapok.

“Kita fokus untuk puasa dan lebaran, makanya kita undang para pelaku usaha. Kita undang dari Satgas Pangan pak Arif, Dinas Pertanian dan Peternakan yang menangani peternakan, Bulog, toko ritel, pelaku usaha termasuk yang di Belitung juga secara virtual,” Pungkasnya.(Isk)