Kembalinya Budaya Nusantara Di Saat Corona by Harry Wibowo

0
68

Tangerang, Meraknusantara.com,-Setelah puluhan tahun terjajah dalam ekonomi dan budaya yang datang dari luar , rakyat Indonesia kini mulai menyadari pentingnya mempertahankan dan menggali kembali budaya bangsa yaitu budaya Nusantara. Senin (29/03/2021)

Budaya memiliki peran dan fungsi yang sentral dan mendasar sebagai landasan utama dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara karena suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaan yang dimiliki telah mengakar (deep-rooted) dalam sendi kehidupan masyarakat. Indonesia sebagai negara kepulauan merupakan negara dengan banyak bangsa yang memiliki kekayaan dan keragaman budaya nusantara yang merupakan daya tarik tersendiri di mata dunia.

Kebangkiatan budaya Nusantara ini bisa kita lihat dengan banyaknya bermunculan aneka ragam jajanan dan makanan tradisional yang kini kembali disuguhkan walau dengan tampilan yang kekinian, musik-musik daerah yang kembali digaungkan, sendra tari dengan berbagai kepercayaan mistisnya juga mulai bergerak mensetarakan diri dengan budaya Nasional yang telah bercampur baur dengan budaya asing, dan tentunya juga budaya-budaya lain yang juga mulai bergerak kekancah nasional.

Tak bisa dipungkiri adanya Pandemi Covid 19 telah membawa banyak perubahan terhadap pola dan gaya hidup masyarakat, diawali dari sulitnya ekonomi sehingga memaksa masyarakat kembali pada hal-hal yang bersifat tradisional, baik itu dari segi kuliner maupun dari segi hiburan, semua kembali pada hal-hal lama yang selama ini ditinggalkan karena dianggap ketinggalan jaman.

Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan banyak bangsa seharusnya bisa menjadikan seni dan budaya sebagai modal untuk menaikkan citra bangsa dimata dunia.
Secara tidak sadar situasi saat ini telah mengajarkan pada kita tentang ideologi bangsa yang selama ini seakan terlupakan yaitu Pancasila.

Hal-hal utama yang harus dipikirkan secara serius adalah mencari kembali para pendongeng-pendongeng sejarah hal ini sangatlah menjadi penting karena banyak di antara generasi muda saat ini yang sudah melupakan bahkan tidak mengetahui lagi dongeng-dongeng lokal dan permainan tradisional.

Tidak banyak dari mereka yang mengetahui sejarah kejayaan Kerajaan Nusantara di masa lalu seperti kebesaran Kerajaan Sriwijaya dalam membangun kekuatan maritimnya serta Kerajaan Majapahit yang berhasil mempersatukan nusantara dibawah sang legenda Maha Patih Gajah Mada.

Kembalinya seni budaya Nusantara yang saat ini sedang menjadi trend harusnya bisa ditanggapi positif oleh para pemimpin bangsa, karena perjuangan mengembalikan seni dan budaya nusantara tentunya tidak mudah karena beberapa pejuang seni budaya selama ini selalu berhadapan dengan kartel-kartel asing yang selalu ingin bertengger dan mengeruk keuntungan dari seni budaya yang mereka bawa.

Dan semoga pepatah yang berkata
“Penghancuran sebuah bangsa dimulai dari hancurnya seni dan budayanya” hal ini tidak terjadi di negeri kita.(red)