Tambang Inkonvensional Jenis User – User Beroprasi Di Pinggir Jalan Raya, Kiri Di Tutup Kanan Di Buka

0
70

BABEL, meraknusantara.com -Keberadaan Tambang Inkonvensional (TI) dipinggir jalan raya Jebu Darat Desa Kelabat, Parit Tiga Bangka Barat kembali dibuka, walaupun belum lama ini Petugas telah melakukan penutupan.(23/02/21)

Dari hasil pantauan dilapangan didapati keberadaan Tambang inkonvensional ini terletak disebelah kanan jalan Raya menuju Pantai Sangau Dusun Jebu Darat, tepat berhadapan dengan tanbang user-user yang belum lama ini ditutup aparat Kepolisian.

Saat awak media melakukan investigasi didapati keberadaan tambang ini hanya berjarak kurang dari 4meter dari bahu jalan raya dan tentunya keberadaab tambang ini cukup membahayakan karena bisa menyebabkan longsornya bahu jalan apalagi tambang itu juga berdekatan dengan Tower Pemancar Telkomsel.

Saat awak media bertemu langsung pemilik Tambang  bernama Ujang, warga Jebu Darat kampung Jawa ini menyatakan dirinya hanyalah menyea lhan tersebut dari Sengkun (Pemilik Lahan) dengan nilai sewa Rp. 6.000.000 (Enam Juta Rupiah) dan akan dikembalikan lagi setelah udai kerja.

Sementara Sengkiun selaku pemilik lahan saat di konfirmasi di Rumah nya, membenarkan kalau lokasi itu sudah di bayar sebesar  Rp 6000,000  “saya tidak ada urusan dengan lokasi itu, kalau mereka salah silahkan tangkap” kata Sengkiun,

Di sisi lain Beberapa warga merasa ter-intimidasi, karna sebelumnya masarakat  pernah bekerja sebelah kiri jalan bahkan lebih jauh dari jalan tapi di tindak tegas oleh aparat, hingga kita angkat tidak berani lagi bekerja, aneh nya sebelah kiri ditindak malah sebelah kanan orang menambang lebih dekat dari jalan raya malah dibiarkan, anehnya lagi tidak ada tindakan dari aparat desa maupun pihak berweng, bahkan terkesan dibiarkan, biar tidak kelihatan dari jalan sampai di pagar dengan terpal hitam,  ujar inisia A.

Masarakat menduga ada oknum di belakang mereka, kalau tidak ? tindak mungkin akan ada pembiaran seperti itu tutur masarakat,

Di lakosi yang berbeda ada 4 unit Tambang Jenis user – user beroprasi sekitar 4 meter dari Daerah aliran sungai (DAS) di Jalan Parit Empat, Desa Puput, Belakang Batako Kulon,  sekitar 20 meter dari Jembatan, saat jurnalis infestigasi dilokasi, Inisial B (39) mengatakan ini lakasi pribadi pak, milik abang saya Kulon, jadi kita kerja tidak ganggu lapang orang, sekalipun dekat (DAS) ujar B.

Terkait Banyak nya Tambang yang beroprasi di tempat yang tidak seharus nya ditambang, awak media berusaha melakukan konfirmasi kepada  Kasatpol pp Bangka Barat, Sidarta Gautama, mengatakan pihaknya belum mengetahui adanya tambang itu dan akan segera melakukan penindakan.
” Ok terimakasih info nya segera kita tindak lanjuti, Semua akan di tertibkan  Tidak Ada yang boleh merusak infrastruktur yang Ada baik jalan maupun jembatan dan Daerah Aliran sungai (DAS) “Ujur Sidarta Gautama,

Sementara Kapolres Bangka Barat AKBP FEDRIANSAH S.I.K, saat di konfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp belum memberikan jawaban apapun Sampai berita ini diterbitkan,(RIZAL RAHIF)