Bendera Robek Berkibar Pada Tiang Di Halaman Pos Kemenangan Partai Gerindra

0
81

Bangka, Meraknusantara.com – Bendera merah putih dalam kodisi robek berkibar pada tiang didepan halaman pos kemenangan Partai Gerindra masih saja dibiarkan, di Desa Kace Kabupaten Bangka Induk, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (13/02/2021)

Sangat disayangkan bendera pusaka tersebut tidak ada yang mengganti dengan yang baru.

Kondisi bagian dari warna bendera merah dan putih tersebut sudah pudar, Selain itu, kondisi bendera merah putih juga robek.

Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan Bab VII Ketentuan Pidana Pasal 67 huruf b berbunyi “Dipidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah), setiap orang yang dengan sengaja mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf c”.

Dan jika dilakukan penghinaan terhadap lambang Negara diatur dalam Pasal 154a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”) yang berbunyi:
“Barang siapa menodai Bendera Kebangsaan Republik Indonesia dan Lambang Negara Republik Indonesia, dihukum dengan hukuman penjara selama-lamnya empat tahun.

Bendera robek yang berkibar tersebut diduga berkibar didepan halaman pos Kemenangan partai Gerindra milik H. Juwarno KS yang merupakan anggota DPRD Provinsi kepulauan Bangka Belitung.

Terpantau oleh awak media Meraknusantara.com saat melintasi jalan tersebut, dan langsung mempertanyakan kepada masyarakat sekitar terkait kepemilikan bendera tersebut.

Sampai hari ini berita dinaikkan, dan belum bisa mengkonfirmasi pihak terkait, karena baru diketahui pemilik bendera robek tersebut. ( isk ).