Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia’ Perjalanan Karir di Jagat Hiburan Tanah Air

0
2501

Jakarta, meraknusantara.com,-Diawali dari 55 tahun yang lalu, disebuah tempat yang  tidak jauh dari area stasiun kereta api Semut Surabaya, yang menurut istilah Arek Surabayanya, “Nang Ngisore Ban Sepur” tepatnya di kampung Pengampon lahir lah sosok Agus, yang kini sering disebut dengan julukan Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia’ sebagai tokoh seniman yang kocak, sejak dia berperan sebagai salah satu aktor dalam film “Jin & Jun”.

Karena darah seni yang mengalir ditubuhnya utamanya ludruk, sekitar tahun 1988, “Om Jin” bergabung di Theater SAE (Social Art of Education), dengan sutradara Budi S. Otong, dan waktu di Theater SAE, “Om Jin” satu angkatan dengan Zaenal Abidin Domba (aktor yang salah satu film yang dibintangi Putri Duyung bersama Ayu Azhari) dan Jose Choa Linge (aktor dan pemilik EO JCL), waktu masih di Theater SAE “Om Jin” pernah main di Film Sumur Tanpa Dasar jadi figuran di TVRI waktu itu.

Pada tahun 2014, Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia, dengan ketua Ludruk KLJ (Komunitas Ludruk Jakarta) ” Cak Batin, terlibat dalam beberapa pementasan lundruk antara lain :
1. Kunanti di Yogya
2. Suminten Edan
3. Kepiting BuLe
4. Sarip Tambak Yoso
5. Pil Cabe/Calon Besan.

Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia, pernah membintangi film layar lebar dan sinetron di televisi, diantaranya : Si Boy Anak Jalanan (hanya figuran jadi wasit tinju), Dan Om Jin, bersama Ludruk Rocker Surockboyo sering ikut di acara tembang kenangan TVRI.

Di tahun 2015, Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia’ bergabung dengan Paguyuban Kontjo Lawas yang anggotanya kebanyakan sesepuh dari Surabaya Community, mendirikan Grup Ludruk Baru tetap di bawah bendera Paguyuban Kontjo Lawas yang diketuai oleh Ibu Niken Rahajoe, dengan pentas perdana berjudul Sawung Galing yang disutradarai oleh Cak Aries Moekadi, pentas dilaksanakan di Gedung Bharata Kalilio Senen, Jakarta Pusat. Anggota Paguyuban Kontjo Lawas diantaranya Seto Mulyadi, Karni Ilyas (Presiden ILC) ,Sisca Suwitomo (chef Indosiar), Totty Moekardiono (Owner Power Metal Band, dan lain-lain.

Pementasan kedua dengan judul Suminten Edan di Gedung Baratha Kalilio Senen. Di pentas inilah Ludruk Kontjo Lawas berubah nama menjadi Ludruk Kontjo Dewe yg anggotanya ada dari senior Srimulat suatu kemajuan di grup Kontjo Dewe yg selama ini Srimulat hanya menjadi bintang tamu akhirnya menjadi pemain utama.

Pementasan ketiga dengan judul Surabaya’45 di Gedung Ki Ageng Serang Kuningan, Jakarta, di sutradai oleh Mas Ribut Kenedey, pementasan Ludruk Surabaya’45 berawal dari ide Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia’ dengan menggandeng Ketua Sinoman Cak Widji, Cak Lulut Penyiar Radio Mitra juga dari senior Srimulat ikut hadir. Pentas ketiga ini berjalan sukses dan itulah kecintaan Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia’ demi budaya bangsa yaitu ludruk.

Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia’ mengatakan “zaman sekarang kalo mau tetap bertahan dihiburan harus aktif di sosmed karena melalui sosmed bisa buat promosi spt : show,
lebih cepat dan banyak mendapat respon dari nitizen”, Om Jin, mencontohkan misal seperti : Norman Kamaru, dia populer karena video jogetnya di YouTube, apalagi selama ini Om Jin jadi marketing ludruk jadi sangat paham tentang Promosi di dunia hiburan.

Banyak pengalaman selama Om Jin jadi marketing ludruk, salah satunya yang sangat Om Jin ingat adalah bertemu dengan Mayjen (Purn) Asril Hamzah Tanjung, S.Ip. (Kepala Staf Kostrad 2004-2006 dan Anggota DPR RI 2014-2019), waktu itu Om Jin diajak kerja sama pembuatan film dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Mayjen (Purn) Asril Hamzah Tanjung, S.Ip. pun mengajak Om Jin bergabung dengan Ormas GEMBIRA (Gerakan Ekonomi Masyarakat dan Budaya Indonesia RAya).

Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia’, adalah sahabat dekat Totty Moekardiono, Owner Power Metal Band yang juga ketua HIPA ITS (Himpunan Pengusaha Alumni Institusi Teknologi Surabaya). Om Jin sering diajak pentas seni ketoprak atas jasa Totty Moekardiono, diantaranya :

Pementasan di GKJ Pasar Baru Jakarta, dengan judul “Menyatukan Nusantara” dan Om Jin dalam pentas itu bermain dengan Pak Djarot (Wagub DKI Jakarta) dan Pak Ganjar Gubernur Jawa tengah.

Pementasan di teater kecil TIM Jakarta, dengan Judul “Gegeran Batavia”, dengan pemain lainnya antara lain : Basuki Hadimuljono (Menteri PU), Ganjar Pranowo, dengan bintang tamu Kadir dan Polo. Lalu pada Pilgub Sumut mendampingi Pak Djarot, untuk menghibur dalam acara hiburan Pilgub.

Pada HUT Lenong Rumpi yang ke-25, Om Jin, menghadiri acara itu dan terbentuklah Lenong Bejana Perak dengan latihan intensif di sutradarai oleh Harry De Fretes dengan judul “Meo dan Iyet” Lenong Bejana Perak tampil di cave Paviliun 28 daerah Kemang, dan mendapat antusias dari banyaknya penonton yang menyaksikan.

Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia di Bulan Desember 2019, bersama artis-artis ibu kota, bekerjasama dengan BNPB, menghibur anak-anak pengungsi korban gempa bumi di Maluku. Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia’ (24/09/20) bekerja sama dengan Ormas Pro Rakyat Bersatu (PRB) mengadakan acara dengan tema ‘Indonesia Bersatu Melawan Corona’, bertempat Mall BTC Bekasi. Masa Pendemi Covid-19 buat seniman sangatlah berdampak karena jarang sekali undangan untuk show-show, kata Om Jin ‘Sahabat Anak Indonesia’, menutup pembicaraan (Reza Fahlevi)