CAMAT CIKUPA KEMBALI RAPAT LANJUTAN PEMBAHASAN RENCANA KEGIATAN NORMALISASI KALI RAWA BANGKE DESA TALAGA SARI

0
166

Kabupaten Tangerang –meraknusantara.com,-  Kecamatan Cikupa kembali mengadakan Rapat lanjutan pembahasan rencana kegiatan Normalisasi kali Rawa Bangke dengan pihak pihak yang ikut andil dalam koordinasi tersebut Dinas Bina Marga SDA Kab Tangerang, PT Prima Rejeki Cikupa Abadi, PT Kodasindo, kades Cikupa, Kades Taagasari, BPR KR, PT Citra Raya, Kpl UPT Wil VII SDA, yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Cikupa jln Kh Syech Nawawi No 81 Desa Budimulya Pada Hari Kamis 14 / 01 /2021 pukul 09.00 Wib.

Acara Rapat lanjutan Koordinasi dan Normalisasi ini di hadiri oleh:, Camat Cikupa H Abdullah, S.Sos, M.Si, Kp, Sekcam Cikupa M. mumu Muklis, S.STP, Kepala Dinas Bina Marga SDA Sudiyanto, SE, M.Si, Staf SDA, Kepala Bina Marga UPT Wil VII Defitri Yeni, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Abdul Raoup, Dinas Tata Ruang, Dinas perumahan dan Permukiman, PT Prima Rejeki Sugiyarno, PT Kodasundo Paryono, BPR KR Dssa Wardahna, PTCitra Raya Amir, Kades Cikupa, Kades Talagasari H Nano, H Sugandi Cikupa Tokoh Masyarakat, Pihak Rs Tiara, Penanggung jawab Sutet, Pemilik Reklame, Ketua RT,02 RW 01,

Pemkab Tangerang melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kab. Tangerang, dan Pihak Kecamatan Cikupa serta Pemerintah Desa Talagasari hari ini akan melakukan sosialisasi Pelaksanaan Normalisasi Kali Rawa Bangke yang Berlokasi di Desa Talagasari Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Camat Cikupa H Abdullah, S.Sos, M.Si, Kp, dalam Rapat lanjutan pembahasan kegiatan Normalisasi kali Rawa Bangke mengatakan bahwasanya normalisasi ini dengan tujuan melaksanakan antisipasi penanganan banjir di wilayah Desa Talagasari yang letaknya berbatasan dengan Desa Pasir Gadung dan Desa Cikupa yang setiap musim penghujan selalu terjadi luapan air ke jalan utama dikarena Kali Rawa Bangke sudah Dangkal tidak berpunsi dengan baik.

Dengan adanya Normalisasi ini, maka hal ini tentunya sesuai dengan arahan Bupati Tangerang agar Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air melakukan upaya untuk menangani atau meminimalisir terjadinya banjir di wilayah Citra Raya, Desa Talagasari, Desa Pasir Gadung dengan berbagai macam upaya seperti normalisasi.

Lebih jaug dikatakan agar kita sama sama untuk mendukung dalam program Normalisasi ini dan supaya menjadikan nilai ibadah kita serta yang kita lakukan supaya dapat bermanfaat bagi 3 wilayah Desa – Desa yang ada disekitar lokasi tersebut. semoga untuk hari ini ada kata mufakat untuk Normalisasi kali rawa bangke. dalam normalisasi ini sangat di butuhkan oleh masyarakat karena dalam kondisi saat waktu penghujan bisa banjir sampai merendam permukiman.

Selain itu Camat Cikupa Sangat berharap agar kita sama sama hadir untuk mencari solusi ,agar kejadian yang terus menerus ini tidak terjadi terjadi lagi. Pemerintah Kecamatan Cikupa hayalah sebagai Fasilititator bagi beberapa pihak agar  bisa saling mengerti.

“Kepada para pemilik lahan baik yang bersifat pribadi dan yang sudah menjadi hak miliki PT, mungkin akan terjadi dampak dalam kegiatan normalisasi kali rawa bangke yang berlokasi di desa talagasari.* Ucap Camat Cikupa H Abdullah, S.Sos, M.Si, Kp*

Kades Talagasari H Subarno Singa Wijaya juga memaparkan dengan diadakan rapat koordinasi normalisasi yang ada di wilayah Desa Talagasari Kecamatan Cikupa. ini perlu segera dilaksanakan karena sering sekali dikala musim penghujan beberapa tempat pasti terdampak banjir di karnakan kali Rawa Bangke sudah dangkal.

Lebih jauh H subarno Singa Wijaya juga berharap dengan ada nya musyawarah ini supaya ada mupakat bersama dalam mengatasi banjir yang belokasi di jalan raya utama Provinsi Banten ini.

“Saya ucapkan banyak – banyak terima kasih kepada pihak pihak yang sudah hadir dalam acara rapat lanjutan perencanaan kegiatan koordinasi Normalisasi kali rawa bangke ini.” tutur Kades H Subarno Singa Wijaya.”

Selain itu Kepala Dinas Bina Marga SDA Kab. TANGERANG BPK SUDIYANTO Kepala Dinas Bina Marga SDA Kab. TANGERANG BPK SUDIYANTO juga menerangkan hasil survey bangunan bangunan yang terkena Program Normalisasi

Kepala Bina Marga UPT Wilayah VII ibu Defitri Yeni mempeihatkan Video beberapa Dampak akibat banjir di Depan Citra Raya. BPR di Belakang pasar cikupa.

Tak hanya itu SUDIYANTO, SE, M.Si Non Esselon III/b – Penata Muda Tingkat I memberikan data data hasil survey baik tanah dan bangunan yang akan terdampak Program Normalisasi Kali Rawa Bangke

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang
Nama saluran Rawa Bangke
Panjang 1 km
Lebar 1 mtr
Hulu Belakang Pasar Cikupa
Hilir Pembuang Pasir Gadung

Dalam rapat lanjutan kali ini menghasilkan dua opsi yaitu

1. rencana akan membongkar jalur yang akan dibuat utk pelebaran kali/susukan

2. menormalisasikan kali/susuk yg dari citra raya (sekitar) agar saluran berjalan normal tanpa adanya genangan dan Dinas Binamarga serta Citra Ryaa yang akan menindaklanjuti dalam rapat pelaksanaan berikutnya.

Namun pada intinya warga setuju yang terkena proyek Normalisasi depan gerbang Citra.
Dalam Acara Pertemuan di akhiri dengan Penandatangan persetujuan dari berbagai pihak pihak yang terdampak dalam Normalisasi Kali Rawa Bangke.*

.* Apang Spd.*