Tumbuhkan Semangat Gotong Royong, Kades Pakualam Ajak Masyarakat Kerja Bakti

0
258

Kabupaten Tangerang, Meraknusantara.com, Wujud keperdulian perangkat desa Pakualam dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan semangat gotong royong kerja bakti yang dikemas dalam “Jumat Bersih” di desa Pakualam Kecamatan Pakuhaji Kerja bakti adalah salah satu bentuk dari kehidupan bertetangga. Kepedulian seseorang dalam kerja bakti ada kebersamaan, silaturahmi, berbagi, berkontribusi yang berorientasi sosial, juga yang pasti adalah manfaat kebersihan lingkungan, Jumat(4/12/2020).

Jumat Bersih adalah suatu kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat, dimana warga  melakukan aktvitas bersih-bersih yang bersifat gotong royong. Di Indonesia, sebagian besar masyarakatnya melaksanakan kegiatan ini secara rutin dan sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan oleh masyarakat. Banyak, manfaat dari kegiatan Jumat Bersih ini.

Kepala Desa Pakualam Ropiudin, yang memimpin langsung kegiatan kerja bakti mengatakan kerja bakti ini merupakan salah satu program dari kabupaten Tangerang terkait edaran surat dari Bupati Tangerang Nomor: 362/ 3130/BPDB/2020 Tentang peringatan Dini dan Langkah langkah kesiap siagaan Menghadapi banjir. Maka dari itu kami dari pemerintah desa Pakualam mengajak para masyarakat guna membersihkan lingkungan di wilayah desa Pakualam.

“Pemerintah desa ingin menggalakkan kegiatan kerja bakti dilingkungan sekitar, dengan mengawali dan diharapkan masyarakat dapat mengikuti untuk lebih sadar kebersihan lingkungan masing-masing”, ungkap Ropiudin kepala desa pakualam di selah kesibukan nya.

Manfaat positif kerja bakti perlu diberdayakan. Kiranya hal ini dapat diagendakan secara terstruktur oleh desa, RW atau RT. Yang lebih penting adalah inisiatif warga, karena mereka paling mengenal kondisi lingkungan dan antisipasi permasalahannya, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini, kerja bakti bertujuan untuk mengantisipasi genangan atau membersihkan saluran drainase dan untuk mengatisipasi wabah penyakit.

Ditempat terpisah Kusnadi selaku Sekretaris Desa Pakualam menyampaikan,” Manfaatnya antara lain yaitu lingkungan menjadi bersih, menumbuhkan rasa saling peduli dalam hal kebersihan, dan menguatkan tali silaturahmi dengan masyarakat, minat masyarakat untuk gotong royong dalam kegiatan Jumsih ini semakin berkurang dari waktu ke waktu. Tentu saja ini sangat memprihatinkan karena melemahkan kebudayaan gotong royong di masyarakat maka dari itu Kepala Desa Pakualam dengan perangkat Desa RT/Rw dan Kepala Dusun untuk melaksanakan kegiatan kerja bhakti supaya tradisi gotong royong tidak hilang, ungkap Kusnadi

Kegiatan Jum’at bersih yang dilaksanakan di Desa Pakualam bertujuan untuk meningkatkan sikap gotong royong di masyarakat, meningkatkan rasa kepedulian akan kebersihan lingkungan, dan membiasakan hidup sehat.

Hasil yang diperoleh dari kegiatan Jumsih ini antara lain lingkungan sekitar rumah dan saluran air menjadi lebih bersih dan tidak ada sampah yang berserakan, antusias masyarakat juga sangat baik ini dilihat dari banyaknya  masyarakat yang hadir dalam kegiatan Jumat bersih ini.,” Ucapnya Kusnadi

(Nuryadi)