Magician The King of Master Joe Thunder – Guru Besar Sulap Indonesia

0
436

Jakarta, meraknusantara.com,-Seorang magician yang besar tidak hanya dinilai dari jam terbangnya di atas panggung ataupun popularitasnya di masyarakat, namun juga dedikasinya di dunia sulap, terutama dalam menjadi sosok guru sekaligus sumber inspirasi bagi magician-magician muda.  Di Indonesia, masih jarang sekali sosok magician yang memiliki kriteria itu.  Banyak magician yang ketika sudah tenar akhirnya disibukkan sendiri oleh jumlah show dan undangan yang membanjirinya sehingga justru tidak memiliki waktu untuk membina bakat-bakat muda yang potensial di dunia sulap.  Satu dari sedikit sosok di Indonesia yang memiliki kriteria sebagai magician besar tersebut adalah Joe Thunder.

Nama Joe Thunder tak mungkin diabaikan jika kita membicarakan dunia sulap Indonesia.  Ia adalah sosok yang memiliki kontribusi besar dengan berbagai ilusi megah, publicity stunt, penampilan di televisi, dan menjadi figur sentral yang membina pesulap-pesulap lain seperti Limbad (pemenang The Master Season 2), Mbah Gimbal, Tedhi Lamuchi (keduanya peserta The Master Season 5), Joe Thunder adalah pribadi yang berdedikasi tinggi di dunia sulap, seorang performer yang brilian di atas panggung, sosok guru/ mentor yang disegani serta dihormati oleh magician-magician muda.

Joe Thunder mengawali karirnya didunia entertainment di grup band Joeker band, bahkan pernah sepanggung dengan mas Dui Montero Master, Classic Magician dalam acara Temu Karyawan di RCTI.  Akhirnya grup band itu bubar, karena personel di grup band itu sama-sama sibuk kerja.  Padahal sudah di lirik untuk acara impresario 008 waktu itu.

Setelah grup Joeker band bubar, mulailah Joe Thunder mendalami dunia sulap. Menurut Joe Thunder ketika awal main sulap masyarakat pada waktu itu menyukai permainan sulapnya. Dan akhirnya diajak shooting sm Uya Kuya di Global TV, dan mulai merintis hingga show ke seluruh Indonesia. Setelah itu mengisi acara Gong Show di salah satu stasiun TV, kurang lebih satu tahun baik jadi konsultan artis ataupun main sendiri.  Di Gong Show, Joe Thunder sebagai pesulap dengan istilah “sang seribu wajah” jadi setiap kali main wajahnya berbeda beda. Dan profesi sulap sampai saat ini masih di geluti Joe Thunder.

Joe Thunder berpendapat semua seni itu sama yang penting kan sama-sama menyenangkan hati bagi pemirsa ataupun penonton.
Namun memang perlakuannya yang berbeda.  Kalau bisa kita bisa memberikan tontonan menjadikan tuntunan saja. Joe Thunder mengatakan bahwa ilmu sulap yang dimiliki belajar secara otodidak, namun Joe Thunder yakin bisa memberikan yang terbaik buat Indonesia di seni sulap. MENPORA pada waktu itu (Roy Suryo) mendengar akan potensi sulap Joe Thunder dan sempat mengadakan pertunjukan untuk Menpora.

Dalam perjalanannya sebagai seniman sulap, Joe Thunder mengatakan bahwa yang paling berkesan waktu main sulap di pewayangan di ketoprak.  Berperan sebagai orang yang paling sakti dan kesan paling mendalam ketika memberikan tauziyah sulap (berdakwah, berceramah mengajarkan nilai-nilai agama Islam melalui media sulap).

Joe Thunder juga adalah owner MJT atau Manajemen Joe Thunder, nama MJT awalnya diambil dari nama Maestro Joe Thunder, itu pun karena karena banyaknya yang mau belajar sulap ke Joe Thunder, jadi istilah MJT berawal dari murid-murid sulapnya yang berasal dari seluruh Indonesia. Menurut Joe Thunder, rumahnya seperti rumah singgah para pesulap tanah air. Rata-rata murid sulap yang belajar ke Joe Thunder sudah memiliki ilmu sulap namun di MJT diarahkan ke yang lebih profesional.

Joe Thunder dengan rendah hati mengatakan bahwa dia hanya berbagi ilmu saja agar ada manfaatnya buat mereka yang ingin belajar sulap. Master Limbad adalah salah satu murid Joe Thunder, Selama kurang lebih 2 bulan Master Limbad di gembleng di rumah Joe Thunder di kawasan Slipi Jakarta Barat, dari Nol sampai akhirnya sekarang menjadi tenar dan terkenal.

Di ajang The Master Season 5, Mbah Gimbal dan Tedhi Lamuchi, 2 pesulap didikan Joe Thunder yang lolos audisi The Master Season 5, awalnya ada 12 pesulap dari berbagai daerah di Indonesia yang ingin ikut audisi The Master Season 5, dan yang lolos audisi hanya 2 orang saja, Mbah Gimbal dan Tedhi Lamuchi.

Joe Thunder dalam kesempatan ini berpesan kepada pesulap-pesulap muda, “Saya yakin kalian mampu dan bisa menjadi eksis di dunia yang kalian sukai, asal kalian belajar dengan sungguh sungguh. Sepanjang hal itu dilakukan, pasti kalian akan bisa terkenal kalian akan bisa membawa harum nama Indonesia. Tidak harus ke luar negeri, di Indonesia juga bisa.  Namun kalau memang berniat belajar sulap di luar negeri  juga tidak apa-apa.  Asal jangan sombong, karena besok itu kita juga akhirnya mati, jadi tidak perlu sombong. Yang Maha Karya itu Allah, bukan kita. terimakasih Indonesia, terimakasih pecinta sulap”, demikian Magician The King of Master Joe Thunder (Reza Fahlevi)