Voteger camat Gerunggang pemilihan RT/RW

0
128

Pangkalpinang, Meraknusantara.com – Warga Kelurahan Taman Bunga Kecamatan Gerunggang kota Pangkalpinang antusias mengikuti kegiatan pemilihan RT/RW, di lihat dari pantauan dilapangan banyaknya warga yang mengikuti kegiatan tersebut, yang di laksanakan diKantor Lurah Taman Bunga Kecamatan Gerunggang kota Pangkalpinang. Minggu, (15/11/2020) pagi pukul. 08.00. WIB.

Pemilihan RT/RW itu sendiri menurut Sekertaris Camat Gerunggang Rozi awalnya menggunakan tiga pilihan, yang pertama dilakukan langsung, kedua menggunakan aplikasi, dan yang ketiga door to door.

“Sebelumnya kita menggunakan tiga pilihan, ada yang datang langsung ke tempat pemilihan, kedua menggunakan evoting, dan yang ketiga kita lakukan door to door, tapi setelah kami berembuk kembali bersama dengan tim tujuh, yang ketiga kami hilangkan, jadi kita gunakan dua pilihan, datang langsung ke tempat pemilihan, atau melalui aplikasi E-Voteger. Karena mengingat belum sepenuhnya warga yang paham menggunakan aplikasi ini,” Ujar Rozi saat meninjau jalannya pemilihan di Kelurahan Taman Bunga.

Sementara itu tampak hadir juga beberapa calon Rt/Rw. Di kantor lurah tersebut, juga tampak hadir sistem pengamanan tetap menjalani Protokol kesehatan dan tampak juga pengamanan dari bahbinkamtibnas dan babinsa.

Info yang didapat dilapangan, pemilihan RT/RW diKelurahan Taman Bunga menggunakan sistim link/web, yang di sebut E-Voteger Taman Bunga, Sistim aplikasi E-Voteger ini merupakan ide dari Camat Gerunggang Khotaman Barka Dan untuk pertama kalinya diuji coba diKelurahan Taman Bunga.

Dengan harapan ide ini bisa berhasil dilakukan, selain itu menurut Khotaman Barka jika ide ini berhasil diterapkan, tidak menutup kemungkinan akan bisa diikuti oleh Kecamatan lain nya, dan juga bisa mencegah kerumunan dixsaat situasi sedang pandemi Covid-19. Karena dengan menggunakan aplikasi tersebut warga bisa melakukan pemilihan baik RT/RW, maupun pemilihan Walikota, Bupati cukup di lakukan di rumah saja.

“Ide ini sebenarnya sudah lama kami terapkan, karena mengingat situasi saat itu sampai sekarang kita Indonesia terkena dampak virus Corona, jadi kita tidak lain ide ini untuk menghindari kerumunan. Dan sementara dalam waktu yang sama kita ada pemilihan RT/RW, kita mencari solusinya bersama Sekcam sehingga muncul lah ide pemilihan secara evoting ini,” Jelas Khotaman Barka Camat Gerunggang. Saat dimintai keterangan oleh awak media.

Sistim evoting untuk pertama kalinya di gunakan di Pangkalpinang, oleh karena itu menurut Khotaman Barka, di focus kan dahulu dikelurahan Taman Bunga, sebagai Kelurahan terakhir dikecamatan Gerunggang, Dengan harapan bisa berjalan dengan baik.

“Karena ini baru pertama kali, sehingga persiapan ini kita focus kan ke satu Kelurahan, mengingat keterbatasan nya ini, sehingga kita adakan dikelurahan Taman Bunga saja, ” Pungkasnya

Lebih lanjut Camat Gerunggang Khotaman Barka, S.STP, M.Tr.I.P, menuturkan jika pemilihan RT/RW untuk pertama kalinya dilakukan melalui evoting, dan merupakan langkah awal untuk menjadikan Kecamatan Gerunggang go tekhnologi, hal ini kembali ia jelaskan saat di wawancarai oleh di Kantor Lurah Taman Bunga.

“Kita memang ada arah kesana, sesuai dengan arahan Walikota, agar Kecamatan Gerunggang ini kalau bisa istilahnya menjadikan Gerunggang ini Kecamatan tayangan secara e- digital. Ini adalah langkah awal kita untuk menentukan kedepan, sehingga Kecamatan Gerunggang ini dapat dinikmati oleh masyarakat melalui e-digital setiap pelayanan nya,” Sebut Barkah.

“Dan pengembangan pelayanan kepada masyarakat pun akan secara online, terutama pelayanan pelayanan yang ada di Kelurahan, karena yang paling banyak pelayanan nya ada di tiap tiap Kelurahan,dan itu akan kita focus kan sehingga masyarakat akan mendapat kan kemudahan dan kenyamanan dimana pun mereka berada,” Tambahnya lagi.( Sapta ).