Dandim 0413/Bangka : Jangan Mau Kita di Kotak Kotakan

0
25

Pangkalpinang, Meraknusantara.com – Momen Apel Kebangsaan Deklarasi Damai yang di gelar oleh Pemprov Babel di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung merupakan momen Deklarasi Menjaga Kebhinekaan serta Keutuhan NKRI. Dan Bhineka Tunggal Ika adalah salah satu perekat untuk menyatukan perbedaan di tengah kemajemukan Indonesia.

Hal ini juga dijelaskan oleh Dandim 0413/Bangka Kolonel Inf Pujud Sudarmanto, saat di temui awak media Meraknusantara.com di ruang kerjanya, Menurut Komandan Kodim 0413/Bka, kegiatan tersebut merupakan dimana Pemerintah yang terdiri dari Pemda, TNI & Polri untuk mengajak semua anak Bangsa Indonesia untuk menunbuhkan wawasan kebangsaan yang terdiri dari berbagai macam dan ragam suku di Indonesia.

“Kegiatan ini dimana kembali kita mengajak kepada seluruh komponen Bangsa ini, agar kita lebih lagi menumbuhkan wawasan kebangsaan kita, Karena kita sadari kita ini bukan hanya satu suku dan satu Agama saja, akan tetapi kita ini ada bermacam macam suku dan agama,” Ujar Kolonel Inf Pujud Sudarmanto. Jumat, (27/11/2020).

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa kemerdekaan Bangsa Indonesia bukan hanya di perjuangkan oleh satu kelompok atau satu suku, tetapi bermacam kelompok dan golongan.

“Bangsa ini bukan hanya di merdeka kan oleh satu kelompok saja, tetapi dari bermacam macam kelompok dan golongan. Sehingga kegiatan tadi adalah wujud menimbulkan rasa lagi kita terhadap Kebhineka Tunggal Ika kita ini harus kita jaga dan kita lestarikan,” Tuturnya.

“Dan saya juga berpesan kepada kita semua termasuk saya di dalamnya, bahwasanya isi kemerdekaan dan bangsa ini dengan menjadi bangsa yang besar. Jangan kita sia siakan pendahulu kita yang sudah berjuang habis habisan untuk mendirikan Negara ini, jangan sampai kita diadu domba, dan jangan mau kita di kotak kotakan oleh orang lain, jangan sampai kita di pisah pisahkan oleh Bangsa lain,” Pungkasnya.

(Isk ).