Pengembangan Serta Pelestarian Demi melindungi Seni Budaya Dambus

0
74

Pangkalpinang, Meraknusantara.com – Untuk melestarikan dan menumbuhkan kesenian tradisional, terutama Dambus, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan kegiatan pengembangan, pelestarian dan perlindungan seni budaya, pada Cordela Hotel, Selasa (20/10/20).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikbud, Eddy Supriadi mengatakan, kegiatan ini juga dalam upaya kesenian dambus dapat terpublikasi dengan baik.

“Dambus ini adalah musik tradisional Babel, oleh karena itu hari ini Pangkalpinang mencoba upaya-upaya pelestarian musik dambus, supaya lebih menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Bukan mengikuti zaman, tetapi bagaimana dambus secara original tidak dihilangkan tetapi bisa secara masif tetap terpublikasi dengan baik,” Pungkas Eddy.

Eddy menuturkan, dunia pendidikan memiliki peranan penting dalam melestarikan kebudayaan daerah yang saat ini mulai hilang lantaran ada batasan umur.

“Saya pikir untuk di Dinas Pendidikan sangat memungkinkan untuk melestarikan seni budaya. Namanya umum, kalau untuk pelestarian orang ada batasnya umur, kalau dunia pendidikan menumbuh kembangkan pelestarian dambus ini saya pikir secara masif tidak akan putus sampai selamanya, Maka dari itu dunia pendidikan sangat strategis untuk menumbuh kembangkan pelestarian dambus ini,” imbuhnya.

Meskipun demikian, beliau berharap pelatihan yang diadakan hari ini tidak berhenti sampai disini, melainkan dapat terus diadakan. Meskipun, grup musik dambus di Pangkalpinang sejauh ini masih didata karena dalam masa transisi dari Dinas Pariwisata.

“Sbenarnya kita sedang inventarisir. Selama ini masih ada yang belum aktif, belum ada yang terdaftar, ataupun sudah terdaftar tetapi responya masih kita belum ketahui karena ini masa transisi.
Harapan kita pelatihan ini bukan batas hari ini saja tetapi kedepan kita ingin ada event ataupun lomba yang berkaitan dengan dambus ini,” Tutur Kadisdik. ( Iskandar ).