Kaki Tumpuan Manusia Seumur Hidup

0
188

Meraknusantara.com,–  Ketika seseorang tua, dia tidak takut rambutnya memutih dan kulitnya kendur.
Di antara tanda-tanda umur panjang yang diringkas oleh majalah “Prevention” AS,
“otot kaki kuat”
terdaftar pada urutan teratas. Jangan bergerak selama dua minggu, kekuatan kaki telah menurun selama 40 tahun.

Sebuah studi dari University of Copenhagen di Denmark menemukan bahwa : baik tua maupun muda, selama dua minggu tidak aktif, kekuatan otot kaki akan melemah sepertiganya, yang setara dengan penuaan 40-50 tahun.

Begitu kekuatan otot tungkai melemah, akan butuh waktu lama untuk pulihmeski nanti Anda melakukan latihan rehabilitasi.Oleh karena itu,olahraga teratur sangatlah penting .

Tekanan seluruh tubuh ada di kaki.

1. Kaki adalah : Tiang penyangga beban tubuh manusia.
50% tulang dan 50% otot seseorang berada pada dua kaki, sendi dan tulang terbesar dan terkuat dari tubuh manusia juga ada di dalamnya.
“Tulang yg kokoh, otot yang kuat, dan persendian yg fleksibel membentuk”
segitiga besi ” yang memikul beban terpenting tubuh manusia.”
70% aktivitas dan pengeluaran energi dalam kehidupan seseorang dilakukan dengan kedua kaki.
Tahukah Anda, ketika seseorang masih muda, tulang pahanya bisa menopang sebuah mobil

2. Kaki adalah : pusat transportasi tubuh.
Kedua kaki seseorang memiliki 50% saraf tubuh manusia, 50% pembuluh darah, dan 50% darah mengalir melaluinya.  Itu adalah jaringan peredaran darah besar yang menghubungkan tubuh.
Hanya dengan kaki yang sehat maka saluran konduksi dengan lancar, maka orang yang memiliki otot tungkai yang kuat pasti memiliki jantung yang kuat

3. Penuaan dimulai dari kaki 
Ketika seseorang sudah tua, akurasi dan kecepatan transmisi instruksi antara kaki dan otak berkurang.
Tidak seperti ketika mereka masih muda.

Selain itu, kalsium yg disebut “baja bertulang” pada tulang, lambat laun akan hilang, sehingga lansia lebih rentan mengalami patah tulang kaki.

Patah tulang pada lansia dengan mudah memicu serangkaian penyakit, terutama penyakit yang fatal seperti :
Trombosis otak. Anda tahu : 15% pasien bahkan akan meninggal dalam waktu satu tahun setelah patah tulang

Mengolahragakan kaki, belum terlambat sejak usia 60 tahun

Meskipun kaki kita akan berangsur-angsur menua setelah usia paruh baya,mengolahragakan kaki adalah : tugas seumur hidup… Hanya dengan menguatkan kaki, dapat mencegah penuaan lebih lanjut.

Khusus bagi pengidap kencing manis, kaki perlu perhatian ekstra. Bahkan sekadar menggunting kuku kaki saja pun perlu cara dan perawatan lebih. Selain tak boleh mencederai sekitar kuku, harus memerhatikan kebersihan kulit di daerah tersebut. Karena bila sampai terjadi luka, bahkan luka renik yang tak kasat mata saja pun bisa bermasalah. Borok akibat cedera gunting kuku pada pengidap kencing manis bisa menjadi awal kaki calon diamputasi. Kematian jaringan kaki atau gangrene akibat borok meluas itu yang harus dicegah. Kaki pengidap kencing manis juga wajib terlindung dari bahaya tertusuk duri, terinjak paku, beling, atau lecet akibat sepatu atau alas kaki.

Ingat. Kaki kita adalah asset. Jagalah. Ibarat ban mobil, ia yang menjamin kita tetap leluasa bergerak dan mampu bermobilitas tinggi. Sebelum semua itu terjadi, rawat dan jagalah sebelum masalah telanjur datang. (red)