Fakta Sidang Yang Terungkap, Terdakwa Hasim Sukamto Terbukti Melakukan Pemalsuan

0
77

Jakarta,meraknusantara.com –Sidang perkara pemalsuan dengan terdakwa Hasim Sukamto kembali di gelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara 3/9/20.dengan agenda sidang Replik.

Dalam persidangan agenda replik, jaksa penuntut umum (JPU) Erma Octora SH.MH.mengatakan, fakta-fakta yang terungkap selama persidangan dan didukung alat bukti yang valid, Hasim Sukamto terbukti melakukan pemalsuan tandatangan cap jempol milik saksi korban Melliana Susilo.

Jaksa penuntut umum juga mengatakan, tindak pidana pemalsuan itu sah dan meyakinkan dilakukann oleh Hasim Sukamto. Oleh karena itu Jaksa meminta majelis hakim agar menghukum terdakwa Hasim Sukamto sesuai dengan tuntunan yang Jaksa penuntut umum minggu lalu.

“Kami pada intinya tetap dengan pembelaan kami bahwa terdakwa Hasim Sukamto tidak melakukan tindak pidana pemalsuan sebagaimana yang dibacakan oleh jaksa penuntut umum dalam dakwaan maupun tuntutannya.” ujar Tim pembela Hasim Sukamto.

Terdakwa Hasim Sukamto dituntut Dua tahun penjara oleh jaksa penuntut umum, Menurut Jaksa, tuntutan itu berdasarkan fakta-fakta hukum yang terungkap selama persidangan, Keterangan para saksi yang saling bersesuaian menguatkan dakwaan.

Alat bukti lainnya yang menunjukkan bahwa terdakwa Hasim Sukamto terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam pasal 266 ayat (1) ke-1 KUHP. dakwaan primair.

Dalam surat dakwaan yang dibacakan sebelumnya, terdakwa dianggap melanggar Pasal 266 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP. Terkait tindakan terdakwa mengagunkan harta bersama berupa gudang dan ruko bersertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) Nomor 7317/Sunter Agung dan HGB Nomor 883/Sungai Bambu sebagai jaminan di Bank CIMB Niaga Cabang Mangga Dua Square, Jakarta Utara, untuk mendapatkan kredit senilai Rp 23 miliar atas nama PT Hasdi Mustika Utama yang bergerak di bidang playwood.

(MatNur)