DINSOS INGATKAN ORANGTUA AJARI ANAK TERTIB PROTOKOL KESEHATAN

0
93
Jatim, meraknusantara.com,-Dalam rangka melindungi anak-anak dari penularan covid 19  Kepala Bidang Pengembangan dan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Ir Hoirun Nawalah MKes, mengingatkan kepada para orang tua untuk terus menjaga kesehatan dan kebersihan. Sebab Virus Corona atau dikenal dengan COVID-19 dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak.
Hal ini dikatakan Hoirun Nawalah, saat penyuluhan Sosial Pencegahan Permasalahan Sosial pada Anak di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak (PPSAA) di Kabupaten Nganjuk, Selasa (8/9/2020).
Hoirun Nawalah menjelaskan orang tua acap kali bingung menjelaskan kepada anak, apalagi COVID-19 merupakan virus jenis baru dan belum ditemukan vaksinnya. Kekhawatiran terhadap wabah ini akan membuat anak-anak mengalami kecemasan apabila pada orang tua tidak segera menjelaskan dengan baik.
Oleh karena itu, kata dia, penting untuk diingat bahwa anak akan mencari bimbingan dari orang dewasa terkait bagaimana untuk bersikap menghadapi hal ini. Jika orang tua tampak terlalu khawatir, kecemasan anak-anak dapat meningkat. Orang tua harus meyakinkan anak-anak bahwa petugas kesehatan dan sekolah sedang bekerja keras untuk memastikan bahwa masyarakat akan tetap baik-baik saja.
“Ajarkan anak cara-cara yang efektif untuk mencegah penularan virus Corona,” ujarnya.
Kepala UPT PPSAA Nganjuk, Prasetyo Adi Widodo SSos MSi, mengucapkan terimakasih untuk kesempatan penyuluhan sosial yang diselenggarakan. Klien UPT Nganjuk bisa saling asuh antara klien yang dewasa (usia SMP keatas) kepada klien yang anak-anak (Usia SD,TK,PAUD).
Prasetyo Adi Widodo menjelaskan anak perlu diajari cara-cara yang efektif untuk mencegah penularan virus Corona. Beberapa hal yang dapat para orang tua lakukan dan ajarkan untuk menjaga kesehatan keluarga dari virus COVID-19.
“Ajarkan anak untuk lebih rajin mencuci tangan dengan sabun dan air, ajari anak-anak untuk menutup mulut ketika batuk atau bersin menggunakan tisu, dan ajarkan anak-anak memakai masker,” tuturnya. (red)