CV. Rinjani Sentosa Serobot Lahan Warga Tanpa Izin, Bupati Nias Utara Tak Bersuara.

0
79

Meraknusantara.com

Jakarta, CV. Rinjani Sentosa serobot lahan warga tanpa izin di Desa Ononazara, Kec. Tugala Oyo, Kab. Nias Utara, Prov. Sumut. Hal ini disampaikan oleh pemilik lahan Yosefo Lase alias Ama Pricila Lase yang diwakili sekaligus diberikan kuasa kepada saudara kandungnya Edizaro Lase.

Edizaro Lase menyampaikan bahwa “CV. Rinjani sentosa cenderung mengabaikan apa yang menjadi keinginan masyarakat yang memiliki hak atas lahan atau tanah sesuai hukum adat yang berlaku ditempatnya”.Pungkasnya.

Perilaku CV. Rinjani Sentosa ini yang cenderung mengabaikan masyarakat setempat baik menurut adat budaya yang diagungkan, diluhurkan, dimuliakan, serta kearifan lokal dan etika masyarakat adat lokal.

Selain itu, sangat bertentangan dengan Undang-undang yang memiliki kedudukan sebagai aturan main bagi rakyat untuk konsolidasi posisi politik dan hukum, untuk mengatur kehidupan bersama dalam rangka mewujudkan tujuan dalam bentuk negara.  yang dituangkan melalui UU No 2 Tahun 2012. Edizaro Lase dan masyarakat setempat sangat kecewa dengan CV. Rinjani sentosa yang mengakangi UU No.2 Tahun 2012, tegas Edi Lase, Jakarta (13/08/2020)

Proses pengerjaan yang dilakukan.

Masyarakat melalui Edizaro Lase memohon kepada Bupati Ingati M. Nazara untuk lebih bersikap tegas, Proaktif, serta berani melawan kesewenang-wenangan CV. Rinjani Sentosa terhadap masyarakat.

Menurut Edizaro Lase “hal ini sangat berdampak buruk pada kinerja Bupati Ingati M. Nazara jika membiarkan hal ini dan tidak turun langsung ke lapangan melihat kondisi lahan yang dirusak oleh CV. Rinjani Sentosa tanpa ijin hibah tanah sesuai amanat konstitusi oleh Pemerintahan Pusat melalui Kemenkumham dan DPR RI”.pungkasnya.

Edizaro Lase mengakui pernah mengubungi langsung Bupati Ingati M. Nazara Via telepon seluler. Respon Bupati Ingati M. Nazara tidak menggembirakan alasannya adalah sedang coffee morning dan silakan disampaikan melalui SMS(Pesan singkat *red).

Bersurat kepada bupati nias utara

Pada tanggal 7 Agustus 2020 Edizaro Lase bersurat kepada Bupati Nias Utara Ingati M. Nazara dan surat tersebut belum ada balasan dan respon dari pihak Bupati Ingati M. Nazara. Tembusan surat Edizaro Lase ke Bupati Ingati M. Nazara disampaikan ke tiga belas Instansi terkait yakini KEMENDAGRI, OMBUDSMAN RI, KPK RI, BNPB RI, Gubernur Sumut, POLDA Sumut, OMBUDSAMAN Perwakilan Sumut, Kajati Sumut, DPRD Prov. Sumut, Polres Nias, Dandim Nias, Kajati Gunungsitoli, DPRD nias Utara.

Tanda terima perihal pengaduan kepada Ombusman RI

Edizaro Lase sangat menyesalkan dan kecewa atas sikap Bupati Ingati M. Nazara yang Kurang responsif, proaktif dan solutif terhadap permasalahan yang sedang dihadapi oleh warganya.

Edizaro Lase menambahkan ” Justru hal semacam ini Bupati Ingati M. Nazara harus pasang badan dan orang pertama yang bertanggungjawab melindungi, melayani, membantu warganya yang diabaikan hak-haknya oleh pihak kontraktor dalam hal ini CV. Rinjani Sentosa “, dengan nada kesal. (RED)